One Day One Juz di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan bulan yang istimewa, dimana jika kita beribadah di bulan ini Allah akan
memberikan pahala yang berlipat ganda kepada , apalagi jika ibadah ini dilakukan dengan niat yang ikhlas lillah taala (ikhlas karena Allah) maka pahala ibadah kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. 

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW patutnya kita bersykur, bebahagia tahu kenapa...? karena Allah anugrahkan bulan suci ramadan terkhusus untuk umat Nabi Muhammad SAW. Jika direnungkan nabi-nabi sebelumnya tak ada yang dianugrahi bulan suci ramadan, bulan penuh maghfrah (ampunan) berkah, kasih sayang dan lain seterusnya.

Melalui tulisan ini saya mengajak teman-teman, sahabat, kerabat, dan para membaca untuk meningkatkan ibadah di bulan ini, salah satunya dengan memperbanyak tilawah qur;an. Saya beri nama Program "One Day One Juz di bulan suci ramadan". Berikut rinciannya.

One day one juz, 1 hari 1 juz, jika diperhatikan ramadan hanya berjumlah 30 hari, dan al-quran berjumlah 30 juga, jadi jika bertekad membaca al quran 1 juz dalam sehari maka selama bulan ramadan kita akan mengkhatamkan 1 buah al-quran. 

Caranya simpel, al quran sekarang dalam 1 juz ada yang 10 lembar nah setelah sahur luangkan waktu maksimal 30 menit membaca 5 lembar dan setelah zuhur, atau asar atau menjelang buka puasa luangkan waktu 30 menit membaca 5 lembar yang tersisa. Nah tanpa disadari maka kita telah membaca 1 juz dalam sehari, begitu seterusnya. 

Mari terus membaca al quran karena al quran adalah obat hati. Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al Qur’an yaitu “Asysyifâ” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh, dan petunjuk bagi umat islam yang bisa menuntun kita ke syurga Allah SAW.

Dalam ayat lain Allah berkata/berfirman:

“Hai manusia, telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari Tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(QS. Yunus/10: 57)

Mari terus membaca al quran karena al quran adalah obat hati, penyejuk hari, dan petunjuk menuju syurgawi.

Rabat, 29 Juni 2014.




Oleh: Sukmahadi, Lc. (Mahasiswa S2 Université Cadi Ayyad Marrakech, Maroko Afrika Utara, dan Kontributor Islamic Studies Center Online "ISCO"). 

Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar