Novel 99 Cahaya di Langit Eropa By Hanum Rais.

Video Perjlanan Hanum Rois Mencari Cahaya Islam di Eropa

Novel atau buku yang bejudul " 99 Cahaya di Eropa" sebuah buku yang sangat  menarik dan enak serta bagus untuk dibaca, isi buku  ini adalah catatan perjalanan atas sebuah pencarian. Pencarian cahaya Islam di Eropa yang kini sedang tertutup awan saling curiga dan kesalahpahaman. Sebaimana yang tela diketahui bahwa begitu menyebut eropa maka yang tecantum dalam benak kita bahwa eropa itu adalah negara-negara yang dikuasai oleh kaum barat yang mayoritas beragama kristen. Namun tak terlintas dalam benak kita bahwa ternyata islam pernah bejaya di benua eropa, itulah yang membuat buku ini menjadi menarik untuk dibaca.

Bagi mahasiswa yang sedang belajar di luar negeri seperti saya saat ini, mungkin  akan penasaran akan isi buku ini, namun tak usa khawatir bisa dilihat di youtube insya Allah bisa mewakili isi buku 99 cahaya di eropa, dan bisa juga menonton bedah buku ini di tvone:

Hanum Rois Tinggal di Eropa selama 3 tahun adalah arena menjelajah Eropa dan segala isinya. Hingga ia akhirnya menemukan banyak hal lain yang jauh lebih menarik dari sekedar Menara Eiffel, Tembok Berlin, Konser Mozart, Stadion Sepakbola San Siro, Colloseum Roma, atau gondola gondola di Venezia. Pencariannya telah mengantarkannya pada daftar tempat-tempat ziarah baru di Eropa. tak menyangka Eropa sesungguhnya juga menyimpan sejuta misteri tentang Islam. 

Eropa dan Islam. Mereka pernah menjadi pasangan serasi. Kini hubungan keduanya penuh pasang surut prasangka dengan berbagai dinamikanya. Ia merasakan ada manusia-manusia dari kedua pihak yang terus bekerja untuk memperburuk hubungan keduanya.

Pertemuan hanum rois dengan perempuan muslim di Austria, Fatma Pasha telah mengajarkannya untuk menjadi bulir-bulir yang bekerja sebaliknya. Menunjukkan pada Eropa
bulir cinta dan luasnya kedamaian Islam. Sebagai Turki di Austria, Ia mencoba menebus kesalahan kakek moyangnya yang gagal meluluhkan Eropa dengan menghunus pedang dan meriam. Kini ini ia mencoba lagi dengan cara yang lebih elegan, yaitu dengan lebarnya senyum dan dalamnya samudra kerendahan hati.

Hanum dan Fatma mengatur rencana. Kami akan mengarungi jejak-jejak Islam dari barat hingga ke timur Eropa. Dari Andalusia Spanyol hingga ke Istanbul Turki. Dan entah mengapa perjalanan pertamanya justru mengantarkannya ke Kota Paris, pusat ibukota peradaban Eropa.

Simak cerita lengkapnya di buku dan video bedah buku lainnya. Ala kulli hal (ungkapan orang arab) saya senang akhirnya seorang muslim berhasil menulis sejarah islam yang sempat berjaya di bumi eropa.Oh yach lupa ini akan difilmkan lho.... ada fatin juga yang bakal jadi pemerannya jadi buat fatinistik bisa melihat akting fatin di film ini.

Fes, 1 November 2013

By Sukmahadi (Mahasiswa Univ. Sidi Mohammed Ben Abdellah of Fes Morocco)
Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar