Penamaan Islam Nusantara

Sukmahadionline. Penamaan "Islam Nusantara" tidak ada dalam al quran, ataupun hadist maupun pendapat tabi'in. Hanya orang-orang sekaranglah yang membuat Istilah Itu. Islam itu hanya 1.

Islam Nusantara itu sendiri menurut defenisinya adalah Islam yang dipadukan dengan budaya-budaya setempat tanpa menyalahi syari'at Islam itu sendiri", lebih tepatnya Fiqhu Islam + Fiqhul Waqi'.

Olehnya kalau ada budaya yang yang jelas-jelas melanggar al quran dan hadis maka itu bukan bagian dari esensi Islam Nusantara. Contoh kalau ada budaya masyarakat berzina, minum khamar (minuman keras) hal ini tidak bisa dikategorikan sebagai islam Nusantara.

Dengan adanya Istilah baru ini, maka sudah menjadi tugas para Muslimin, terkhusus para Ustadz, dai, dosen, kyai menjelaskan kepada masyarakat umum tentang Islama Nusantara, jangan sampai mereka salah paham bahwa Islam itu macam-macam.

Padahal Islam hanya satu, namun hanya cara pandanglah yang berbeda-beda tapi tetap dalam koridor quran dan hadis. Jadi istilah Islam Nusantara tidak salah asalkan masih dalam koridor alquran dan hadist. Wallahu A'lamu.

Marrakech, Maroko 04 Juli 2015.

 
 
 Oleh: Sukmahadi, Lc. (Mahasiswa S2 Université Cadi Ayyad Marrakech, Maroko Afrika Utara, dan Kontributor Islamic Studies Center Online "ISCO"). 

 

Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar