KEOPTIMISAN SEEKOR BURUNG

Ilustrasi
SukmahadionlineBurung, jika kita memperhatikan hewan yang satu ini ia adalah salah satu hewan yang opitmis. Coba diperhatikan pekerjaannya, ia hanya terbang ke sana ke mari mencari nafkah, seperti manusia kebanyakan burung memulai aktivitasnya di pagi hari dan kembali di sore hari.

Salah satu poin yang bisa kita pelajari dari seekor burung adalah keopitimisannya dalam mencari nafkah sehari-sehari. Boleh jadi burung lebih opitmis dari manusia. Burung tak mengenal bank, tabungan, harta yang berlimpah, ia hanya berbekal semangat di pagi hari, semangat terbang ke sana kemari, berusaha agar mendapatkan nafkah tuk diri dan keluarganya.

Pergi di pagi hari dengan perut kosong dan pulang dalam keadaan perut kenyang itulah burung, opitmis setiap hari mencari nafkah.

Sahabat-sahabatku, optimislah dalam bekerja, semangatlah, sejatinya rezeki dan dana hidup ini sudah ada ditentukan oleh Allah namun tinggal bagaimana menjemputnya dengan berusaha, bekerja. Namun usaha tak cukup, kerja tak cukup harus disertai Tawakkal pada Allah, beribadah dan berdoa padaNya.


"Andaikan kamu bertawakkal pada Allah dengan sungguh-sungguh, nisacaya Allah akan
memberi rezeki kepadamu sebagaimana burung keluar di pagi hari dengan perut kosong, dan dan kembali dengan perut kenyang" (HR. Tirmidzi). Itulah pesan Rosulullah SAW, Nabi seluruh umat.



Oleh: Sukmahadi, Lc. (Mahasiswa S2 Université Cadi Ayyad Marrakech, Maroko Afrika Utara, dan Kontributor Islamic Studies Center Online "ISCO"). 
Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar