Mengolah Cacian Menjadi Motivasi



Saat engkau dianggap miskin oleh orang lain, bahkan itu tetanggamu sendiri, engkau dicaci, orang tuamu pun dicaci karena keluargamu tak punya uang (harta) untuk menyekolahkanmu, jangankan tetangga kadang keluarga sendiri tak mengizinkamu mencari ilmu, sekolah setinggi-tingginya dengan alasan ekonomi akhirnya banyak diantara kita yang gagal menginjakkan kaki di sekolah hingga perguruan tinggi.

Tapi tahu nggak kawan, bahwa ketika keluargamu dalam kedaan seperti itu maka disinilah kita bisa berusaha sekuat tenaga, kita buktikan pada mereka yang mencaci bahwa untuk sukses, untuk sekolah, kuliah tidak selamanya biaya itu, harta itu berasal dari keluarga. Ingat bumi Allah ini luas apalagi jika niat ini ikhlas ingin menjadi manusia bermanfaat maka janganlah ragu, dengan modal semangat belajar yang tinggi insya Allah rezeki akan selalu ada buatmu.

Ejekan, cacian, ketidak percayaan mereka terhadapmu jadikanlah semua itu sebagai motivasi bahwa kamu bisa sekolah, kuliah tanpa membebani orang tua, cukup doa yang tulus dari mereka kau jadikan sebagai modal, karena apaboleh buat mau minta tak ada. Olehnya dari keadaan seperti ini engkau bisa menjadi dewasa dalam berpikir. he he jangan heran jika ada yang berkata "Ah itu anaknya si fulan ko sekolah memeras orang tuanya aja, buat makan sehari semalam aja susah eh mala nyekolain anaknya".

Mungkina ada yang mengalami itu, nggak usa diambil pusing perkataan seperti itu jadikan kalimat itu sebgai motivasi bahwa "you can do it" setelah engkau berhasil mareka akan heran bahwa ternyata modal semangat yang tinggi, dan doa tulus dari ibu dan bapak seorang anak miskin bisa sukses juga.

So “ Say I Can Do It” salam sukses kawan. tulisan ini hanyalah ilustrasi, jika ada kesamaan cerita ya mohon dimaafin yach....

Fes, 23 Oktober 2013.

Oleh Sukmahadi "Mahasiswa Univ. Sidi Mohemmed Ben Abdellah of Fes Maroko Afrika, kontributor Islamic Studies Center Online ISCO klik ISCO
Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar