SAHABAT SAMPAI MATI

Ilustrasi
Sukmahadionline.Sahabat,begitu mendengar kata ini maka akan terlintas dalam benak
bahwa sahabat adalah orang yang selalu bersama, dan selalu peduli, baik saat suka maupun duka datang silih berganti. Sahabat sendiri sebenarnya berasal dari bahasa arab, yaitu صحب, يصحب, صحبأ, artinya adalah menemani.

Ya, menemani, kadang ada jarak dan waktu yang membedakan sehingga sahabat itu tak selamanya bersama, namun dimana pun berada pastinya jika mempunyai ikatan persahabatan maka rasa itu akan selalu ada dalam hati. Itulah hakikat sahabat. Namun kali ini aku akan mengartikan sahabat sampai mati, bahkan ini akan menemani, dan menghibur jikalau tubuh ini sudah hancur dan menjadi makana cacing tanah.

Hidup di dunia ini sangatlah singkat, janganlah merasa bahwa hidup di dunia ini begitu lama, namun hakikatnya hanya sebentar. Dan yang paling perlu diingat tujuan peciptaan manusia adalah menyembah pada Allah SWT. Andaikan manusia bisa hidup tanpa bekerja maka kegiatan sehari-harinya adalah beribadah dan terus beribadah, namun nampaknya tak demikian manusia harus mecari nafkah agar bisa melangsungkan hidup dan digunakan tuk menyembahNya 5 kali sehari semalam.

Mencari dan mempunyai sahabat di dunia sebuah keharusan, mustahil rasanya hidup di dunia ini tanpa seorang sahabat, karena hidup ini harus dibarengi dengan jiwa sosial, saling peduli antarsesama, kasih mengasihi tanpa ada rasa dengki.Ada sebuah sabda rosul:

يَتْبَعُ الْمَيِّتُ ثَلَاثَةٌ: اَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى وَاحِدٌ يَرْجِعُ اَهْلُهُ وَمَالُهُ وَيَبْقَى عَمَلُهُ  (رواه البخازى)

Artinya: Keberangkatan mayat ke kubur diikuti tiga hal, yaitu: keluarganya, hartanya, dan amal perbuatannya. Yang dua akan kembali, sedangkan yang satunya akan tinggal menyertainya. Yang kembali adalah keluarga dan harta bendanya, sedangkan yang tinggal adalah amal perbuatannya. (HR. Bukhari).

Renungilah hadits diatas sesungguhnya sahabat yang akan menemani kita sampai ke akhirat adalah amal perbuatan selama hidup di dunia, olehnya sangat penting tuk selalu beramal-beramal dan terus beramal

"Cari teman hidup itu sangat penting. Namun jangan abaikan juga tuk cari teman mati yakni ilmu dan amal sholeh. Sebab baik hidup maupun mati kita butuh teman"

Fes, Maroko 23 Desember 2013




 Oleh: Sukmahadi (Mahasiswa Univ. Sidi Mohammed Ben Badellah of Fes Morocco dan Kontributor Islamic Studies Center Online "ISCO"). 
Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar