Iri Hati Terhadap Orang Lain

 
Ilustrasi.
Iri hati atau dengki, berbicara tentang iri hati atau dengki pembahasan ini sangat menarik, dimana banyak di kalangan umat manusia telah memeliki sifat ini. Sebenarnya apa sich iri hati itu....?
 
Iri hati itu dalah sebuah sifat yang dimiliki oleh seorang insan berupa tidak senang jika orang lain itu lebih baik dari kita, atau kita  tidak senang jika orang lain selalu sukses lebih sukses dari kita, itulah yang dimkasud dengan iri hati.  Namu sifat ini dalam agama islam dikelompokkan kedalam sifat-sifat mazmumah atau sifat tercela.
 
Seorang insan yang memiliki sifat ini akan membuat dirinya sendiri tersiksa, menderita batin karena setiap kali melihat orang lain senang atau bahagia maka ia akan merasa tidak senang dan berusaha untuk menjatuhkan lawannya. Olehnya alangkah baiknya sifat seperti ini dihilangkan dalam pribadi setiap insan.
 
Iri hati,dengki semuanya adalah penyakit hati yang harus dihilangkan dari setiap insan walau itu sulit tapi tetaplah berusaha.

Berusaa berbuat baik kepada semua insan walau mereka سوء الظن berburuk sangka pada kita, namun balaslah dengan kebaikan namun itulah yangg tersulit bagiku tpi akan terus kucoba berbuat baik pada siapa saja, dengan doa dan harapan suatu saat mereka akan sadar dengan sendirinya. Namun jika ingin menjadikan rasa iri itu menjadi poin yang baik yaitu engkau berusaha maju bersama dan selalu optimis jikda orang lain bisa berbuat baik mengapa aku tidak..? jadi keoptimisanlah yang akan membawamu maju.
 
Dalam salah satu riwat disebutkan"  Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.


"Orang-orang yang iri atau dengki atas apa yang engkau raih secara zohir boleh jadi mereka tak suka namun pada hakikatnya di dalam hati mereka suka , dan selalu mendoaknn yang terbaik buwat kita. 
 
Mari membersihkan hati ini dari sifat syirik, iri, dll. Berusalahalah untuk tetap tersenyum dan bangga atas apa yang diraih oleh orang lain.
 Do the best for all, itu prinsip yang sedang kucoba untuk diaplikasikan smg bisa insay Allah."

By Sukmahadi Indonesian Stundent In Morocco.
Kota Fes, 05-04-2013 Morocco.
 
 TTD 
di Asrama Internasional Univ, Sidi Mohammed Ben Abdellah.



Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar