Sabar dan Syukur

Ilustrasi.
Sungguh beruntung orang-orang yang beriman pada Allah dan RosulNya, selain dijamin masuk syurga ketika ia taat pada Robnya, iapun akan hidup bahagia di dunia dengan menerapkan dua kunci:

1. Ketika ia mendapatkan kebahagiaan, kenikmatan, rezeki yang banyak ia tak lupa pada Allah, bahkan semakin mengingat-Nya untuk selalu bersyukur pada Allah. Salah satu bentuk syukur adalah meninkatkan ketaatan padaNya, mengeluarkan sebagaian harta di jalanNya (fi sabilillah) termasuk zakat mal (harta)

2. Ketika ia mendapat ujian dari Allah SWT (Musibah) maka ia bersabar dan beranggapan bahwa ini berasalah dari Allah dan ia pun yakin bahwa Ujian Allah padaNya takkan melebihi batas kemampuanya. olehnya ia akan selalu bersabar dikala ujian menerpanya atau musibah dalam hidup.

Itulah dua kunci utama agar dalam menjalani hidup ini bisa bahagia, walau ini tergolong agak susah diterapkan dalam kehidupan kita tapi marilah terus mencoba tips ini agar bisa menjadi orang-orang yang bahagia, dan tips ini bagi orang yang berima pada Allah SWT.

Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim.


Fes Maroko, 27 Oktober 2013
Oleh. Sukmahadi (Mahasiswa Univ. Sidi Mohammed Ben Abdellah of fes Maroko dan Kontributor Islamic Studies Center Online "ISCO") .

Share on Google Plus

About wisatamaroko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar